PENGERTIAN HOTEL
Kata Hotel berasal dari bahasa Perancis yaitu hostel
artinya “tempat penampungan buat pendatang” atau “bangunan penyedia pondokan
dan makanan untuk umum”. Oleh sebab itu, keberadaan hostel untuk menyediakan
kebutuhan masyarakat sebagai tempat tinggal sementara. Hostel inilah cikal
bakal hotel yang ada sekarang ini.Hotel merupakan pendukung dari beberapa
kegiatan sektor pariwisata yang menyadiakan sarana akomodasi dan tempat pertemuan
antara wisatawan dan pelaku industri.
Hal ini sesuai dengan Surat Keputusan Menteri
Pariwisata Pos dan Telekomunikasi No.KM 94/HK 103 tentang Ketentuan Usaha dan
Pengolongan Hotel tanggal 24 Desember 1987 yang menyatakan bahwa : “Hotel
adalah salah satu jenis akomodasi yang mempergunakan sebagian atau seluruh
bangunan yang menyediakan jasa penginapan, makanan dan minuman serta jasa
lainnya bagi pengunjung yang dikelola secara komersil serta memenuhi ketentuan
persyaratan yang ditetapkan“.
TATA GRAHA (HOUSEKEEPING)
- Housekeeping atau tata graha berasal dari bahasa inggris, yaitu house dan to keep yang berarti memelihara atau menjaga. Housekeeping juga dapat diartikan sebagai rumah tangga. Jadi Housekeeping Department adalah bagian dari hotel yang bertanggung jawab atas kebersihan, kerapian, dan kenyamanan kamar (guest room), ruangan umum, restoran, bar, dan outlet lainnya.
- Fungsi Housekeeping dalam hotel sangat penting demi kelancaran penyiapan dan pemeliharaan kebersihan kamar karena pendapatan hotel yang paling besar berasal dari penyewaan kamar maka dengan demikian tata graha atau housekeeping harus diperhatikan dengan baik agar para tamu betah tinggal di hotel.
- Housekeeping memiliki areal tugas dan tanggung jawab yang dapat meningkatkan kinerja dan pelayanan sehingga memberikan kepuasan paad tamu serta meningkatkan kemajuan hotel dengan menciptakan rasa nyaman, kebersihan, kerapian dan penataan kamar yang baik.
- Mengingat tanggungjawab housekeeping sangat besar menyangkut kemajuan tamu maka petugas housekeeping dibagi kedalam kelompok-kelompok atau seksi-seksi agar pekerjaannya dapat berjalan dengan baik. Selain itu petugas housekeeping juga dituntut memiliki wawasan yang luas dan terampil serta professional dalam bekerja.
- Pentingnya bagian housekeeping ini tampak pada tamu-tamu yang merasa puas dengan kebersihan, kerapian, kelengkapan kamar sehingga tamu akan betah untuk tinggal dihotel karena tamu merasa senang telah diperhatikan keperluannya. Oleh sebab itu tata grah atau housekeeping menjadi sorotan utama yang harus diperhatikan untuk menarik simpati para tamu.
- Tugas dan Tanggung jawab Housekeeping
- Tugas bagian tata graha atau Housekeeping:
1. Menciptakan suasana hotel yang bersih, menarik, nyaman, dan aman.
2. Memberikan pelayanan dikamar dengan
sebaik-baiknya kepada tamu supaya tamu merasa puas saat berkunjung maupun
menginap di hotel.
3. Memilih dan menentukan cleaning equipment dan
cleaning material yang sesuai dengan kebutuhan.
4. Mengusahakan terbinanya kerja sama antar semua
department yang ada di hotel.
5. Penyiapan, penataan, dan pemeliharaan kamar.
6. Bertanggung jawab atas pemeliharaan kebersihan
seluruh outlet dan ruangan umum hotel.
Tanggung jawab housekeeping antara lain meliputi:
1. Ruang tamu (guest room)
2. Gang (corridor)
3. Restoran dan Banquet (Restaurant dan Banquet hall)
4. Toilet umum
5. Ruang kantor
6. Toilet karyawan
7. Locker karyawan
8. Taman didalam dan diluar ruangan
9. Kolam renang
10. Ruang laundry
11. Kantor-kantor manajemen
12. Ruang lena dan ruang jahit
13. Halaman parker
- Ruang Lingkup Housekeeping
Ruang Lingkup
Housekeeping adalah semua bagian area yang berkaitan dengan housekeeping yang
berhubungan dengan kerapian dan kebersihan dan kerapian meliputi:
1. Penyediaan perlengkapan kamar ataupun ruangan
umum, alat pembersih, dan pakaian seragam karyawan hotel yaitu sesuatu yang
menyangkut kegiatan dalam hal pengaturan lena, pakaian seragam karyawan,
alat-alat yang diperlukan kamar, sarana sanitasi ruangan umum.
2. Kamar hotel meliputi seluruh bagian yang
berkaitan dengan kegiatan keindahan, kerapian, kebersihan, serta kelengkapan
kamar mulai dari kamar mandi, kamar tidur, dan ruangan didalam kamar.
3. Ruangan umum yang menyangkut seluruh area hotel
yang bberkaitan dengan kebersihan seperti toilet umum, restoran, koridor dan
lain-lain.
- Seksi-seksi dalam housekeeping
Bagian yang bertugas memelihara kebersihan,
kerapian,dan kelengkapan kamar-kamar tamu, restaurant, bar dan tempat-tempat umum
dalam hotel, termasuk tempat-tempat untuk karyawan, kecuali tempat yang menjadi
tanggung jawab steward. Misalnya kitchen area, dishwashing area, garbage area.
Adapun House Keeping dibagi menjadi beberapa seksi antara lain:
a. Room Section Floor/Area Section
Seksi ini bertanggung jawab atas penyiapan dan
kebersihan kamar tamu yang dikerjakan oleh seorang Roomboy/Maid.
b. Maintenance section (seksi perbaikan dan
pemeliharaan alat di housekeeping).
Seksi ini bertugas dalam memperbaiki dan memelihara
peralatan hotel yang dikerjakan oleh bagian engineering.
c. Linen & Uniform
Bagian yang menangani linen-linen yang digunakan di
kamar-kamar tamu maupun fasilitas yang ada di food & beverage serta
mengurus pakaian seragam dari seluruh pegawai hotel.
d. Recreation
Seksi yang bertugas dalam menyediakan peralatan
rekreasi untuk tamu.
e. Publik Area
Seksi ini bertanggung jawab atas kebersihan seluruh
area umum seperti Lift, Corridor, Main Entrance dan lain-lain.
f. Store section
Yaitu seksi yang menangani pergudangan, penyimpanan,
dan pengeluara, barang-barang tata graha, seperti alat pembersih, bahan
pembersih dsb.
g. Laundry, seksi yang mempunyai tanggung jawab
untuk menyediakan linen-linen yang bersih untuk keperluaan kamar, restauran dan
meeting room, menyediakan seragam bersih bagi karyawan dan membersihkan pakaian
tamu yang kotor.
h. Linen dan Uniform, seksi yang bertanggung jawab
untuk mengelola sirkulasi dan penyediaan seluruh linen dan uniform bagi
karyawan.
i. Florist, seksi yang bertanggung jawab untuk
menyediakan dan merangkai bunga-bunga yang segar untuk memperindah dekorasi
dalam hotel.
j. Gardener, seksi yang bertanggung jawab untuk
memelihara tanaman-tanaman baik didalam maupun diluar hotel.
- Sasaran Housekeeping
1. Kebersihan.
Kebersihan di suatu hotel sangat menentukan, bila
kebersihan terjaga dengan baik maka tamu akan merasa nyaman dan tenang karena
sanitasi dan hygine terjamin. Bahkan banyak tamu yang menentukan pilihan suatu
hotel karena kebersihan hotel tersebut.
2. Kerapian.
Kerapian mencakup pengaturan tata letak suatu
ruangan dengan perlengkapan serta dekorasi yang serasi membuat ruangan tersebut
menjadi lebih menarik.
3. Kelengkapan.
Mengantisipasi keperluan tamu selama mereka menginap
dengan melengkapi semua kelengkapan kamar sesuai dengan standardnya sehingga
pengunjung merasa nyaman dan betah tinggal dan berkunjung kembali ke hotel.
4. Fasilitas.
Fasilitas mencakup semua peralatan yang disediakan
agar dapat berfungsi dan dipergunakan oleh tamu hotel, sehingga fasilitas
tersebut meningkatkan kenyamanan dan tidak menggangu kegiatan-kegiatan mereka.
sagat bermanfaat gus
BalasHapussagat bermanfaat gus
BalasHapusTerimakasih sangat bermanfaat untuk itu.Gbu
BalasHapusalhamdulillah bermanfaat
BalasHapusTerimakasih semoga bermanfaat
BalasHapus