Selasa, 11 November 2014

BAGIAN HOUSEKEEPING DEPARTMENT





  • Housekeeping atau disebut juga dengan tata graha yang bertugas memelihara kebersihan, kerapihan, serta kelengkapannya. Ruang lingkup tugas dan tanggung jawab bagian tata graha adalah kamar-kamar tamu, tangga dan corridor, ruangan umum, dan penyimpanan linen.


  • Publik area

Petugasnya sering di sebut dengan public area attendant (houseman) bertugas memelihara bersihkan dan kerapihan area-area umum yang sering digunakan oleh para tamu.

  • Pembagian tugas houseman antara lain:

Kelompok kerja pagi     :           jam 08.00-15.00
Kelompok kerja siang   :           jam 15.00-23.00
Kelompok kerja malam :           jam 23.00-08.00

  • Jenis-jenis alat-alat pembersih yang sering digunakan antara lain

1. Sapu (broom/ sweeper)
2. Mop (pel)
3. Sikat (brush) yang terbagi atas berbagai macam keperluan
4. Penampung debu (dust pan)
5. Tempat sampah (bucket/ dust bin)
6. Penjebak debu (lobby duster)
7. Semproten (gun sprayer)
8. Pembesih kaca (glass cleaner)
9. Tanda bahaya (danger notice)
10. Floor squeeze adalah alat untuk membersihkan genangan air
11. Vacumm cleaner (alat penyedot debu)
12. Floor machine (alat untuk menyikat lantai)
13. Carpet machine (alat untuk membersihkan karoet)
14. Blower (alat untuk mengerinkan karpet), atc

  • Jenis bahan-bahan pembersih yang digunakan :

1)      Glass cleaner, gunanya untuk membersihkan kaca
2)      MPC (multi perpose cleaner), gunanya untuk membersihkan seluruh bagian furniture, kaca, metal,dll
3)      Wooden polish, gunanya untuk mengkilapkan semua yang berbahan dari kayu
4)      Metal polish, gunanya untuk mengkilapkan semua yang berbahan dari metal
5)      Sabun cair, gunanya untuk membersihkan alat-alat dari kaca, porselin, dan plastic
6)      Go gatter, untuk membersikan toilet
7)      Forward, untuk bahan pembersih dan desinffektan lantai
8)      Wax strip, untuk membersihkan dan mengangkat kotoran, atau pelapis lantai
9)      Complete, untuk sealer atau memberikan ketahanan maksimum dari goresan sepatu dan debu
10)  Spot and satian remover, untuk membersihkan noda-noda pada karpet.

Metode pembersihan
1)      Dusting (mengelap kering)
2)      Dump dusting (mengelap lembab)
3)      Sweeping (menyapu)
4)      Dam sweeping/ moping (mengelap)
5)      Glass  wiping (membersihkan kaca)



  • Tipe pembersihan

1)      Daily cleaning, adalah pembersihan yang biasanya dilakukan dalam sehari-hari, antara lain, kamar tamu, area umum, kantor, toilet, restoran, kolam renang
2)      General cleaning, adalah pembersihan menyeluruh dengan cara tahap demi tahap. Pembersihan biasanya dilakukan pada saat tamu sedang sedikit
3)      Seasonal cleaning, adalah pembersihan yang dilakuakn pada saat pergantian musim
4)      Remodeling adalah, mengubah sebagian atau seluruh ruan tamu termasuk peralatan dan fasilitias yang dipakai

  • Jenis-jenis lantai

1)      Hard floor (lantai keras) antara lain: marmer, ubin dan teraso
2)      Resilent (lantai lunak) antara lain vinyl, asbestor, linoleum
3)      Lantai kayu
4)      Permadani (karpet)

  • Room section

Mempunyai tugas dan tanggung jawab dalam membersihkan dan merapihkan kamar dan mengecek seluruh keadaan kamar. Petugas pembersihan kamar disebut room attendant, untuk laki-laki room boy dan untuk wanita room maid.

1)      Jenis kamar, antara lain :
  • a)      Standart room
  • b)      Superior/ deluxe room
  • c)      Suite room, yang terbagi atas : standart suite, deluxe suite, suite superior, junior suite, family suite, presindential suite, penthouse
  • d)     Studio room adalah kamar yang dilengkapi dengan studio bed(sofa yang bisa dibuat tempat tidur)


2)      Jenis tempat tidur, antara lain :
  • a)      single bed , tempat tidur yang digunakan untuk 1 orang
  • b)      double bed adalah kamar uang dilengkapi dengan satu tempat tidiur dengan ukuran queen atau king untuk dua orang
  • c)      twin beded room adalah kamar yang dilengkapi dua single bed dalam satu kamar
  • d)     triple room adalah kamar yang dilengkapi dengan double bed dan single bed, untuk tiga orang
  • e)      holiday bed adalah tempat tidur yang disambung oleh heardboard
  • f)       roll away bed adalah bed tambahan untuk menambah kekurangan tempat tidur dikamar (extra bed)
  • g)      baby crib adalah tempat tidur khusus untuk bayi atau anak-anak
  • h)      sofa bed adalah sofa yang bagian bawahnya bisa untuk menyembunikan tempat tidur tambahan
  • i)        Murphy bed adalah tempat tidur yang bisa dilipat kedalam dinding
  • j)        Fold away bed adalah tempat tidur yang bisa dilipat dan dapat disimpan


3)      Status kamar, antara lain :
  • a)      O (occupied), status kamar yang telah ditempati oleh tamu (berisi).
  • b)      V (vacant), adalah kamar kosong
  • c)      VD (vacant dirty), adalah kamar kosong tapi kotor.
  • d)     VR (vacant ready) adalah kamar kosong yang telah dibersihkan tapi belum siap untuk dijual.
  • e)      VI (vacant inspection) adalah kamar kosong  yamg telah diperiksa dan telah siap untuk dijual
  • f)       SO (sleep out) adalah kamar berisi tetapi tamu tidak tidur dikamar.
  • g)      NB (no baggage) adalah kamar yang berisi tetapi tamunya tidak membawa barang.
  • h)      DND (don’t Distrub) adalah kamar yang berisi dan tamanya tidak ingin diganggu biasanya kamar ini memasang tanda DND pada pintu kamar.
  • i)        OOO (out of order) adalah kamar yang rusak dan tidak bisa dijual
  • j)        DL (double lock) adalah kamar yang dikunci dua kali, hal ini bisa terjadi karena keinginan tamu maupun para pihak management hotel.
  • k)      HU ( house use) adalah kamar  yang digunakan oleh tamu hotel secara gratis.


4)      Istilah kamar menurut letak, antara lain :
  • a)      connecting room adalah kamar yang bersebelahan dihubungkan dengan pintu.
  • b)      Adjoining room adalah kamar yang berseberangan.
  • c)      Duplex room adalah kamar yang memiliki satu sampai tiga kamar yang berbeda tingkat yang dihubungkan dengan tangga.
  • d)     Cabana room adalah kamar terpisah yang letaknya bisa menghadap kolam renang kebun dan sebagainya.


5)      Pembersihan dan penataan kamar

Biasanya bisa meggunakan 2 sheet, tapi yang sering digunakan adalah tiga sheet, adapun tata cara membersihkan kamar adalah membersihkan searah jarum jam, dari dalam keluar dan dari atas ke bawah. Untuk memasuki kamar harus memperhatikan status kamar yang akan di bersihkan. Standar operasional prosedur memasuki kamar adalah
a)      ketuk pintu tiga kali sambil mengucapkan housekeeping.
b)      Masuk kamar secara perlahan-lahan.
c)      Hidupkan lampu, matikan ac, buka jendela
d)     Bersihkan kamar dari sampah
e)      Rapikan pakaian tamu yang berserakan ditempatkan ditempat semula jangan dipindah-pindah apalagi yang didalam tas, pakaian kotor di kirim ke loundry.
f)       Making the bed (merapikan tempat tidur), linen yang kotor ditempatkan di trolly, ambil sheet bersih kemudian rapikan tempat tidur.
g)      Melengkapi guest amenities.
h)      Masuk kamar mandi, bersihkan kamar mandi.
i)        Dusting
j)        Vacuuming
k)      Jika keluar kamar tutup jendela, hidupkan ac suhu kamar, matikan lampu.
l)        Isi laporan room attenden report.

6)      Pembersihan kamar mandi, antara lain :
  • a)      Membersihkan dinding, tirai shower, dan cermin.
  • b)      Membersihkan bathtub.
  • c)      Membersihkan toilet atau bidet dan uranior.
  • d)     Membersihkan washtafel.
  • e)      Membersihkan lantai kamar mandi.
  • f)       Mengosongkan bak sampah.


7)      Peralatan kamar, antara lain :
  • a)      wardrobe (lemari) dan lamp
  • b)      luggage rack (meja untuk menempatkan tas atau pun sepatu)
  • c)      desk and chair (meja dan kursi)
  • d)     night lamp (lampu)
  • e)      mirror (cermin)
  • f)       standing lamp (lampu yang ada dipojok)
  • g)      television
  • h)      minibar
  • i)        night table (meja disamping tempat tidur)
  • j)        guest supplies antara lain :


1.     Tissue box
2.      Ashtray (asbak)
3.      Matchess (korek api)
4.      Stationary kit (amplop, kertas surat, pen, post card)
5.      Memo pad and pencil, biasanya ditempatkan di night table (meja malam)
6.      Comb (sisir)
7.      Sewing kit (alat jahit menjahit)
8.      Shoes shine (pengkilap sepatu)
9.      LLaundry bag and list ( kantong tempat pakaian kotor)
10.  Glass and glass cover
11.  DND sign
12.  Slipper (sandal)
13.  Room service menu
14.  Doorknob menu
15.  Telephone box
16.  Tea set

8)      Peralatan kamar mandi, antara lain :
  • a.       shop
  • b.      bath foam
  • c.       cotton bud
  • d.      sanitary bag
  • e.       scale (timbangan badan)
  • f.       tooth brush and paste
  • g.      mosturaizer
  • h.      shower cap
  • i.        disposal bag
  • j.        shampoo
  • k.      conditioner
  • l.        tissue roll


  • Laundry

Mempunyai tugas dan tanggung jawabnya adalah melakukan pemeliharaan seluruh jenis linen yang dipergunakan operasioal hotel. Dan juga menerima pencucian pakaian tamu dan pakaian seragam hotel.


  • Linen (lena/ kain)

Linen attendant adalah yang bertanggung jawab atas penyimpanan, penyediaan, kelengkapan, kebersihan, yang dibutuhkan untuk keperluan hotel. Antara lain :

1)      sheet (seprai),
2)      pillow case (sarung bantal)
3)      blanket (selimut)
4)      bed cover (penutup tempat tidur)
5)      bed protector (pelindung kasur)
6)      towel (anduk) : bath towel, hand towel, face towel, bath mat (keset), bath rug (baju mandi),
7)      napkin (sapu tangan)
8)      table cloth (taplak meja), atc


1 komentar:

  1. What to Know When to Stop Before You Start Gambling
    If you are an adult who is interested in 창원 출장마사지 gambling, 포천 출장안마 you should stop by. If you are an adult who is 군포 출장안마 a 오산 출장안마 big fan of video games, there is no 구리 출장안마

    BalasHapus